KONTAK PERKASA FUTURES – Saham AS catat kenaikan, setelah melalui bulan terburuk mereka dalam satu tahun terakhir, diikuti saham energi menguat, minyak mentah dan karena investor mengkaji laporan tentang belanja konsumen. Sementara obligasi Eropa turun di tengah kekhawatiran bahwa pihak anti-penghematan akan mengumpulkan dukungan setelah pemilu di Yunani.
Indeks Standard & Poor 500 menguat 0,4 % pukul 09:32 pagi di New York setelah turun 3,1 % bulan lalu. Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2 %. Obligasi dengan tenor 10-tahun naik enam basis poin menjadi 1,70 %. Suku bunga Spanyol dengan tenor 10-tahun meningkat enam basis poin menjadi 1,48 persen, merupakan kenaikan terbesar sejak 5 Januari lalu. Sementara obligasi Yunani rebound setelah melalui minggu terburuk sejak 2012 lalu menyusul kemenangan partai anti-penghematan Syriza dalam pemilu. Sedangkan minyak AS naik 1,5 %, dan emas turun 0,8 %.
Saham AS turun pada bulan Januari, sementara obligasi memiliki bulan terbaik mereka sejak 2008 lalu di tengah pertumbuhan lebih lambat dari perkiraan dan meningkatnya keprihatinan pergeseran harga minyak dan dolar yang menguat akan merugikan keuntungan saham perusahaan. Data hari ini menunjukkan belanja konsumen turun pada bulan Desember lalu. Sementara kemenangan pemilu parta Syriza memberikan energy bagi partai anti-penghematan Spanyol PODEMOS, pimpinan Pablo Iglesias yang berjanji untuk merestrukturisasi utang negara.