KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Eropa turun karena minyak West Texas Intermediate (WTI) memperpanjang penurunan di bawah level $ 60 per barel, menyeret krone Norwegia ke level terendah 11-tahun. Saham Asia memangkas gain pasca data industri produksi China meleset dari perkiraan.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,6% pada 08:01 pagi di London. Indeks berjangka Standard & Poor 500 tergelincir kurang dari 0,1%, dengan Indeks AS ditetapkan untuk mengakhiri gain tujuh pekannya. Indeks MSCI Asia Pacific Index naik 0,3% karena saham Hong Kong berfluktuasi. Minyak mentah West Texas Intermediate merosot 1% menjadi $ 59,37 per barel. Krone melemah 0,4% terhadap dolar pasca pemangkasan suku bunga acuan, sedangkan mata uang rubel Rusia tergelincir ke rekor terendah.

Anjloknya harga minyak telah diperburuk Arab Saudi, Irak dan Kuwait, tiga anggota terbesar OPEC, menawarkan harga diskon ke Asia dalam setidaknya enam tahun. Sementara hal tersebut menyeret produsen dan memicu kekhawatiran deflasi untuk beberapa bank sentral. Pertumbuhan produksi industri China melambat lebih dari yang diperkirakan pada bulan November.