KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Hong Kong berjuang untuk rebound pada Rabu pagi ini setelah mengalami penurunan di sesi sebelumnya dikarenakan sektor perbankan menambah kenaikannya seiring bank sentral China yang memangkas suku bunga acuan baru-baru ini, sementara saham energi jatuh pasca harga minyak mentah internasional mengalami penuranan yang tajam .

Indeks Hang Seng naik tipis 0,1% setelah berayun antara naik dan turun. Bank utama di China perpanjang pnguatan setelah People’s Bank of China  (BOE) menurunkan 14-day repurchase-agreement rate sebesar 20 basis poin pada hari Selasa, setelah suku bunga kejutan dipangkas pada akhir minggu sebelumnya.

Bank of China Ltd naik 0,8%, baik Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan China Minsheng Banking Corp masing-masing naik 0,6%, dan China Merchants Bank Co naik 0,4%. Namun saham energi menuju ke level yang lebih rendah, setelah minyak berjangka Nymex turun ke level terendah dalam lebih dari empat tahun terakhir di New York semalam.

Pasokan minyak di Hong Kong megalami penurunan tajam, karena produsen minyak lepas pantai terbesar China CNOOC Ltd turun 2,3%, raksasa energi milik negara PetroChina Co turun 1,4%, dan China Petroleum & Chemical Corp, atau Sinopec turun 0,6%. Saham energi lainnya juga menderita, seperti China Oilfield Services Ltd turun 2,4% dan Kunlun Energy Co

Sementara di tempat lain saham Tencent Holdings Ltd berada di level terendah, tidak mendapatkan bantuan dari kabar mengenai menguatnya Time Warner Inc. HBO. Tapi saham Chow Tai Fook Jewellery Group Ltd naik sebanyak 2,5% meskipun melaporkan penurunan tajam terkait keuntungan dan laba pada April sampai September. Indeks Shanghai Composite naik 0,8%.