KONTAK PERKASA FUTURES – Pasca kenaikan tajam di hari sebelumnya, saham Hong Kong dan Shanghai memperpanjang kenaikan pada Jumat pagi ini, dengan indeks Hang Seng naik 1,2%, dan Shanghai Composite naik 2,1%, setelah dua acuan tersebut masing-masing naik 1,7% dan 4,3%, pada Kamis kemarin.

Sementara di Hong Kong, perusahaan real estate dan sektor perbankan menguat tajam, dengan China Vanke Co naik 1,3%, Cheung Kong Holdings Ltd naik 2,2%, China Construction Bank Corp naik 3,5%, dan Industrial & Commercial Bank of China Ltd naik 3,2%, meskipun HSBC Holdings PLC HBSC HSBA,naik tipis 0,3% lebih tinggi setelah turun sebanyak 0,8% semalam untuk sahamnya yang terdaftar di London.

Saham di Haitong Securities Co melonjak lebih dari 20% karena mereka kembali perdagangan setelah berita perusahaan itu dalam pembicaraan dengan bank Portugal Banco Espirito Santo untuk membeli Unit investasi perbankan. Dalam berita kesepakatan lainnya, saham Citic Ltd menambahkan 5% setelah laporan Wall Street Journal bahwa pihak Jepang Itochu Corp dan Thailand Charoen Pokphand Group sedang mencari untuk membeli unit sahamnya pada konglomerat China.

Sementara itu Saham energi sedikit berbeda, dengan PetroChina Co flat di Hong Kong tetapi naik sebanyak 4,9% di Shanghai. China Petroleum & Chemical Corp, atau Sinopec, turun 0,6% di Hong Kong namun naik 0,8% di Shanghai, dengan Caixin melaporkan bahwa kepala unit ladang minyak Sinopec yang sedang dalam penyelidikan. Di antara penggerak lainnya di Hong Kong, Great Wall Motor Co menguat 4,1% setelah merilis data penjualan November dan angka  produksi, sementara saingannya Geely Automobile Holdings Ltd naik 2,6%, dan Brilliance China Automotive Holdings Ltd naik 2,8%.