KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa saham Hong Kong menguat diikuti rekanan di Shanghai pada Kamis pagi ini, dengan gain pada sektor finansial memimpin pasar  saham ke level yang lebih tinggi.

Indeks Hang Seng naik 0,4%, pasca kembali dari penurunan 1% pada sesi sebelumnya, sementara Shanghai Composite juga naik 0,4%, dan indeks H-share Hong Kong meningkat sebesar 0,9%. Bank dan broker menguat di Hong Kong, dengan beberapa laporan mengutip manfaat dari kenaikan volume selama beberapa pekan terakhir sejak di rilisnya hubungan antara saham Hong Kong dan Shanghai. China Merchants Bank Co naik 1,6%, Bank of Communications Co naik 3,1%, dan China Citic Bank Corp naik 2,1%.

Saham energi juga meningkat karena minyak mentah berjangka bergerak dari penurunan terbarunya pada awal perdagangan di Asia, dengan PetroChina Co naik 0,9% dan Cnooc Ltd naik 2,3%. Real-estate mixed, namun (China Vanke Co turun 0,9%, Shimao Property Holdings Ltd turun 0,4%, namun Greentown Cina Holdings Ltd naik 2%), sedangkan dua komponen lain seperti operator kasino dari Indeks Hang Seng – Sands China Ltd dan Galaxy Entertainment Group Ltd turun 1,6% dan 2,4%, masing-masing, untuk memperpanjang penurunan sejak rilis data pendapatan yang lemah dari gaming Macau pada November. Sands sekarang turun 10,7% untuk sejauh pekan ini, sementara Galaxy adalah 9,8% lebih lemah selama periode tersebut. Dan saham di Cathay Pacific Airways Ltd menguat 2,3%, dengan investor yang tampaknya tidak khwatir mengenai pilot pengangkut yang memutuskan untuk menolak lembur dan melambatnya pekerjaan pasca pembicaraan mengenai gaji gagal menghasilkan kesepakatan.