KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang catat kenaikan, dengan indeks Topix memperpanjang kenaikan dalam tiga pekan terakhir, setelah ekuitas saham AS naik ke rekornya di tengah optimisme laju pemulihan dalam ekonomi terbesar di dunia. Sementara saham perikanan dan utilitas menguat.
Saham Tokyo Electric Power Co menguat untuk hari kedua setelah laporan jaksa yang tidak akan mendakwa eksekutif perusahaan tersebut atas bencana nuklir pada Maret 2011 lalu. Sementara Nippon Suisan Kaisha Ltd, produsen makanan laut, naik 3 %. Sedangkan Sapporo Holdings Ltd turun 0,6 % setelah laporan laba operasional bir akan turun.
Indeks Topix naik 0,1 % ke level 1,429.03 pada istirahat perdagangan hari ini di Tokyo, dengan sekitar dua saham yang naik untuk setiap saham yang turun. Langkah ini bersiap untuk penutupan tertinggi sejak 9 Desember lalu, dengan volume sebesar 29 % lebih rendah dari intraday RSI 30-hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,2 % ke level 17,850.89 hari ini. Sementara mata uang yen turun 0,1 % ke level 120,46 per dolar setelah turun 0,2 % pada 26 Desember lalu. Sedangkan Indeks Standard & Poor 500, indeks Dow Jones Industrial Average dan Indeks Russell 2000 naik ke level tertinggi sepanjang masa yang dicatat pada akhir pekan lalu.