KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang melonjak tajam dalam 4 pekan terakhir seiring mata uang yen melemah terhadap dolar pasca Federal Reserve mengatakan akan bersabar dalam menaikkan suku bunga AS.

Eksportir Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co naik lebih dari 1 %. Seafood supplier Nippon Suisan Kaisha Ltd menguat 7,2 %, memimpin kenaikan di Indeks Nikkei 225 Stock Average. Perusahaan pemesanan travel online adventure melonjak 87 % pada debutnya. Perusahaan kosmetik Shiseido Co merosot 4,3 % setelah presiden mengatakan pihaknya secara agresif membeli merek.

Indeks Topix naik 1,8 % ke level 1,376.32 pada penutupan perdagangan di Tokyo, lonjakan terbesarnya sejak 18 November lalu, 10 saham yang naik untuk setiap saham yang turun. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 2,3 % ke level 17,210.05. Yen diperdagangkan pada level 118,54 per dolar setelah kemarin melemah 1,9 %. Saham AS mengalami rally terbesar sejak 2013 lalu seiring Ketua Janet Yellen mengatakan The Fed tidak mungkin untuk bergerak sebelum akhir April dan suku bunga akan tetap rendah untuk ‘waktu yang lama.’

Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,1 % hari ini. Yang mendasari indeks ekuitas AS menguat 2 % kemarin setelah The Fed memberikan janji sebelumnya untuk menjaga suku bunga mendekati nol untuk ‘waktu yang lama,’ dan meningkatkan penilaian dari pasar tenaga kerja.