KPF Yogya – Saham Jepang naik pada hari kedua seiring para investor menunggu keputusan kebijakan moneter Bank of Japan (BOJ).

Saham energi memimpin kenaikan untuk hari kedua diikuti penguatan minyak mentah ke level tertinggi tahun ini.

Saham Dentsu Inc melonjak sebesar 4,6 % setelah penjualan agen periklanan meningkat pada bulan Maret dari tahun sebelumnya. Saham Kawasaki Heavy Industries Ltd naik 1,6 % setelah surat kabar Nikkei melaporkan laba perusahaan mencapai angka 100 miliar yen dalam setahun fiskal. Saham Fuji Heavy Industries Ltd melemah 2,7 % setelah UBS AG memangkas rating pada saham untuk menjual.

Indeks Saham Topix naik 0,4 % ke level 1,584.05 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan semua kelompok industri kecuali 5 dari 33 yang naik. Indeks Saham Nikkei 225 Stock Average menguat 0,4 % ke level 19,723.42. Sementara, Yen diperdagangkan pada level 120,19 per dolar setelah melemah dalam 2 hari terakhir.

Semua 34 ekonom dalam jajak pendapat, Bloomberg memprediksi BOJ akan mempertahankan rekor stimulus pada hari Rabu. Investor juga menunggu Federal Reserve untuk menentukan waktu kenaikkan suku bunga AS.

BOJ masih jauh dari pencapaian target inflasi, dengan mengacu pada indeks harga konsumen yang mendatar pada bulan Februari dibandingkan tahun sebelumnya. Pada pertemuan bulan Januari lalu, Gubernur Haruhiko Kuroda memperpanjang stimulus hingga Maret 2016. (knc)
Sumber : Bloomberg