KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang naik, dengan Indeks Topix menuju kenaikan mingguan ketiga beruntun, setelah minyak mentah kembali rebound dan para investor kaji laba domestik dan menunggu laporan pekerjaan bulanan.
Saham Nisshin Steel Co melonjak 16 %, kenaikan terbesarnya di Indeks Nikkei 225 Stock Average, setelah menaikkan perkiraan laba. Penyulingan bahan bakar dan perusahaan minyak JX Holdings naik sebesar 3 %. Saham Produsen kamera Nikon Corp anjlok sebesar 7,1 % setelah pangkas perkiraan laba bersih. Saham Suzuki Motor Corp melemah 6,3 % setelah menurunkan target laba sebesar 8,7 %.
Indeks Topix naik 0,4 % ke level 1,415.81 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan sekitar 5 saham yang naik untuk setiap 3 saham yang turun. Langkah ini menuju kenaikan 0,1 % pada minggu ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,6 % ke level 17,606.66. Minyak mentah kemarin melonjak 4,2 % di New York, sementara Indeks Standard & Poor 500 naik lebih dari 1 % untuk hari ketiga pekan ini.
Pengusaha mungkin menambahkan sebanyak 230.000 pekerja di Amerika Serikat pada Januari lalu, menurut survei ekonom menjelang laporan pekerjaan pemerintah AS hari ini. Tahun lalu pertumbuhan pekerjaan meningkat dalam 15 tahun terakhir, mendorong The Fed untuk mempertimbangkan menaikkan suku bunga.