KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia menguat untuk hari kedua, dengan acuan regional mengupas penurunan mingguan, setelah Indeks Standard & Poor 500 menghapus penurunan 2.015 pada optimisme stimulus global. Sektor komunikasi dan saham material memimpin kenaikan.
Saham China Unicom Hong Kong Ltd melonjak 5,3 % setelah Macquarie Group Ltd menaikkan peringkat untuk operator nirkabel terbesar kedua di negara tersebut. Saham BHP Billiton Ltd, perusahaan tambang terbesar dunia dan produsen minyak utama Australia, naik 2,8 % diikuti logam dan minyak mentah. Saham LG Chem Ltd menguat 6,3 % di Seoul pada laporan ini akan memasok baterai untuk mobil listrik Hyundai Motor Co. Saham Infosys Ltd naik 4,9 % setelah laba perusahaan perangkat lunak India melebihi perkiraan perintah.
Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,7 % ke level 137,39 pukul 16:06 sore di Hong Kong, menuju penurunan mingguan sebesar 0,4 %. Sementara itu, minyak mentah memperpanjang penurunan ke dalam 2.015 membantu menghapus sekitar $ 1.7 triliun dari nilai ekuitas global selama 6 hari beruntun sepanjang tahun ini. Saham rebound seiring penurunan harga konsumen zona euro memicu spekulasi Bank Sentral Eropa yang akan meningkatkan upaya stimulus dan pasca Federal Reserve mengisyaratkan tidak ada perubahan dalam pendekatan pada pertemuan bulan Desember.