KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks China Shanghai Composite naik ke level tertinggi sejak Januari 2010 dan saham Hong Kong melonjak ke level tertinggi dalam setahun ditengah spekulasi langkah-langkah pemerintah China untuk memacu pinjaman sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.
China Life Insurance Co dan Ping An Insurance (Group) Co menguat lebih dari 7% untuk memimpin penguatan saham finansial di Hong Kong. Poly Real Estate Group Co melonjak 10% karena perusahaan developer melonjak tajam di antara sub industri di Shanghai. PBOC akan melakukan penghematan yang diselenggarakan oleh perusahaan pemberi pinjaman untuk non-deposit dalam deposito bank dari tahun 2015, menurut kantor berita resmi Xinhua melaporkan.
Indeks Hang Seng China Enterprises naik 4% menjadi 12,019.75 pada sesi penutupan, kenaikan tertajam sejak 18 November 2013. Pasar saham Hong Kong ditutup dua hari di perdagangan terakhir pekan lalu untuk liburan, ketika Shanghai Composite naik 6,2%. Indeks Shanghai naik 0,3% menjadi 3,168.02 hari ini.
Indeks Hang Seng naik 1,8%. Indeks CSI 300 naik 0,3%, sedangkan indeks ChiNext saham perusahaan kecil merosot 2,4%. Indeks H-share telah naik 11% tahun ini, dibandingkan dengan reli 50% untuk mitra Shanghai nya. Indeks H senilai 7,9 kali 12 bulan perkiraan laba, dibandingkan dengan 12 untuk Shanghai, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.