KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Saham China menguat, mengantarkan indeks acuan tersebut bergerak naik pada pekan ke-5 ditengah spekulasi bahwa pemerintah akan mengambil tindakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

China Life Insurance Co. dan China Merchants Securities Co. melonjak 3.8%. Industrial & Commercial Bank of China Ltd. menguat 1.2%. Rilis data hari ini akan menunjukkan produksi industri bulan lalu diperkirakan tumbuh 7.5%, menurut perkiraan yang dihimpun oleh Bloomberg, melambat dari pertumbuhan bulan Oktober sebesar 7.7%. Rilis data mengikuti laporan pada awal pekan ini yang menunjukkan tingkat inflasi dan indeks harga produsen turun melampaui perkiraan sebelumnya.

Indeks Shanghai Composite menguat 0.6% ke level 2,944.05 pukul 9:55 pagiw aktu setempat, menghapus penurunan pekan ini. Indeks tersebut telah mengalami kenaikan 18% dalam 4 pekan terakhir ditengah spekulasi bahwa bank sentral akan menurunkan rasio cadangan guna menopang perekonomian akibat pertumbuhan ekonomi tahunan terlemahnya sejak 1990 lalu. China menurunkan target pertumbuhan ekonominya pada tahun depan diakhir pertemuan pembahasan kebijakan, menurut laporan dari China Business News.

Media negara China kembali dari menekan pasar saham yang memperingatkan terkait resiko dari reli saham yang telah dipicu oleh meningkatnya penggunaan leverage. Pasar saham yang mengalami kenaikan dan penurunan tajam tidak baik dan sangat mengkhawatirkan apabila tergantung kepada leverage untuk menciptakan keajaiban, menurut Xinhua News Agency hari ini.