KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Kamis (02/06), indeks Hang Seng bergerak flat, saat ini terpantau naik tipis 5,83 poin atau 0,03% pada 20766.81. Pergerakan indeks Hang Seng memperoleh sentimen positif dari penguatan bursa Wall Street namun sentimen negatif kekuatiran ekonomi Tiongkok masih membayangi.

Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan di Rabu, terdorong oleh data manufaktur yang lebih baik dari perkiraan dan pemulihan intraday harga minyak mentah. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 2,47 poin, atau 0,01 persen, ke 17,789.67. Indeks S & P 500 ditutup naik 2,37 poin, atau 0,11 persen, pada 2,099.33. Indeks Nasdaq ditutup naik 4,20 poin, atau 0,08 persen, ke 4,952.25.

Indeks utama rata-rata meningkat dari posisi terendah sesi setelah data ISM manufaktur PMI untuk Mei melampaui ekspektasi dengan hasil 51,3. Perkiraan konsensus dari Reuters diperkirakan 50,5, hampir di wilayah ekspansi dan turun sedikit dari laporan bulan sebelumnya 50,8. Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun 9 sen, atau 0,18 persen, pada $ 49,01 per barel setelah sebelumnya jatuh di bawah $ 48 per barel. Reuters melaporkan Rabu bahwa empat sumber OPEC mengatakan organisasi akan mempertimbangkan pengaturan plafon produksi minyak baru pada pertemuan yang dijadwalkan Kamis.

Kekhawatiran ekonomi Tiongkok muncul setelah aktifitas manufaktur dan jasa Tiongkok mencatatkan hasil mengecewakan. Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur pemerintah datang di 50,1, tidak berubah dari bulan April, tetapi lebih tinggi dari rata-rata 50 yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters dari 31 ekonom. Dalam sebuah survei terpisah yang dirilis secara bersamaan, aktivitas di industri jasa Tiongkok turun menjadi 53,1 pada Mei, dari 53,5 pembacaan bulan sebelumnya.

Indeks telah berada di wilayah kontraksi selama tujuh bulan berturut-turut sebelum menembus tingkat kunci 50 pada bulan Maret. Angka di atas 50 menunjukkan adanya aktivitas ekspansi sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi. Laporan ekonomi Maret telah menghidupkan kembali harapan bahwa ekonomi berada dalam pemulihan setelah dukungan fiskal dan moneter sekitar setahun. Namun data selama dua bulan terakhir meredam optimisme, dengan investasi tetap aset, produksi pabrik dan penjualan ritel semua tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan April. Investor saat ini menunggu rilis indeks Caixin manufaktur PMI selanjutnya untuk petunjuk lebih lanjut tentang kesehatan manufaktur – KONTAKPERKASA FUTURES

Sumber : Vibiznews