4 Tips Agar Sarapan jadi Kebiasaan – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Sarapan sering disebut waktu paling penting dalam satu hari. Mengonsumsi sarapan yang sehat memiliki manfaat besar bagi tubuh manusia. Tidak hanya dapat memperbaiki metabolisme tubuh, namun juga sarapan bisa menjaga kesehatan otak. Sarapan juga bisa menjaga kewaspadaan mental, pemeliharaan massa otot dan menjaga pencernaan tetap baik.

Herbalife Nutrition melansir survei bertajuk ‘Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik’ yang bertujuan untuk mengetahui kebiasaan dan pola sarapan serta kebiasaan konsumsi makanan bagi konsumen di Asia Pasiflk. Survei ini dilakukan terhadap 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik. Mereka adalah Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam ini menemukan bahwa mayoritas responden memahami akan pentingnya sarapan sehat dalam meningkatkan kesehatan dan mengelola berat badan.

Khusus untuk Indonesia, Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, mengatakan bahwa 71 persen responden setuju bahwa sarapan di pagi hari merupakan waktu makan yang paling penting dibanding makan siang dan makan malam. Sayangnya, mayoritas menu sarapan masyarakat Indonesia adalah makanan berkabohidrat tinggi, yakni 56 persen seperti roti dan mi, serta 41 persen berupa minuman panas seperti kopi atau teh. “Padahal, menurut filosofi di Herbalife Nutrition, asupan kalori untuk setiap porsi makanan mengandung 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, 30 persen lemak, serta 25 gram serat,” ujar Andam Dewi pada Pemaparan Hasil Survei di Jakarta, Rabu 18 April 2018.

Walau sebagian besar warga Indonesia sudah sadar untuk sarapan, namun tetap saja ada sebagian pula yang tidak terbiasa sarapan pagi. Berikut adalah 4 tips untuk menjadikan sarapan sehat sebagai kebiasaan.

1. Bangun 15 menit lebih awal
47 persen responden di Indonesia mengakui sering menunda sarapan. Mungkin ini lah waktunya untuk mempertimbangkan perubahan dalam kebiasaan gaya hidup Anda demi kebaikan dan kesehatan Anda. Cobalah bangun 15 menit lebih awal dari biasanya untuk menyiapkan sarapan cepat untuk Anda. Dengan sedikit lebih rileks, Anda membiarkan tubuh Anda bersiap sebelum menjalani aktivitas yang padat setiap hari.

2. Menyiapkan sarapan yang mudah
Anda bisa menyiapkan sarapan yang mudah dan efisien, salah satunya Herbalife Formula One Shake. Anda juga bisa menambahkan buah yang bisa Anda santap saat di mobil saat perjalanan menuju kantor atau sekolah.

3. Berlatih prinsip nutrisi seimbang
Filosofi Nutrisi Global Herbalife merekomendasikan sarapan menggunakan prinsip 4-3-3. Artinya kandungan gizi sarapan Anda sebaiknya berasal dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 30 persen lemak bersama dengan 25 gram fiber. Dengan perpaduan nutrisi yang tepat, Anda bisa menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

4. Ajak teman atau orang terdekat untuk bergabung
Terkadang, memiliki teman yang baik dapat membuat sedikit perubahan. Memiliki teman atau orang yang Anda cintai dalam menjalani hal yang sama seperti yang Anda jalani akan menjadi motivasi Anda untuk mengonsumsi sarapan sehat setiap hari. – Kontak Perkasa Futures

Sumber: Tempo.co