PT Kontak Perkasa Futures – Tips Atasi Hidung Mampet

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA - Saat flu, masalah hidung tersumbat atau mampet kerap kali menghampiri. Hidung tersumbat atau mampet adalah satu dari beberapa gejala flu yang paling menjengkelkan.

Sebab, saat hidungnya tersumbat seseorang tidak bisa bernafas dengan lega. Hidung tersumbat terjadi karena pembengkakan pada membran hidung yang sering terjadi pada saat flu atau alergi.

Pembengkakan tersebut menyebabkan pernafasan tersumbat. Masalah ini kadang tampak sepele, tetapi cukup mengganggu aktivitas. Apalagi pada malam hari, hidung yang tersumbat dapat mengganggu tidur.

Oleh karena itu, saat hidung terasa mampet segera atasi dengan tiga tips cepat dan praktis berikut ini :

Hirup uap dari air panas

Barangkali ini adalah cara paling praktis dan murah yang bisa Anda lakukan. Menghirup uap air panas mampu mengencerkan ingus dalam hidung dan rongga sinus.

Dengan demikian, langkah ini mampu membantu melegakan penyumbatan pernafasan. Caranya, rebus air dalam panci sampai mendidih. Lalu, hirup uapnya selama beberapa menit.

Yang perlu anda perhatikan, pastikan wajah anda tak terlalu dekat dengan permukaan air saat menghirup uap. Jika terlalu dekat berisiko menyebabkan luka bakar pada kulit.

Anda juga dapat mencoba menutup kepala dengan handuk saat menghirup uap. Trik ini dinilai mampu mencairkan dahak di dada.

Mandi air hangat

Mandilah dengan air hangat selama 10 sampai 15 menit. Gunakan air sepanas mungkin, namun sesuaikan dengan daya tahan anda.

Saat mandi, hirup uap air panasnya. Uap tersebut mampu menembus rongga hidung dan mengisi paru – paru anda.

Gunakan obat semprot hidung

Cara cepat untuk membantu melegakan hidung tersumbat adalah dengan menggunakan dekongestan, yaitu obat yang bekerja mengurangi pembengkakan pada membran hidung sehingga dapat menghilangkan gejala hidung tersumbat.

Bentuknya bisa berupa semprotan yang bekerja sangat cepat membuka saluran nafas melalui konstriksi pembuluh darah di sepanjang hidung – PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : biz.kompas.com mn mn mn mn mn mn