PT Kontak Perkasa – Tips Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Saat mudik, daya tahan baterai sangat dibutuhkan untuk operasional, terutama disaat genting dan untuk itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghemat baterai :

1. Perhatikan Aplikasi Yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang digunakan menjadi penyebab baterai ponsel dan semua smartphone menjadi boros. Untuk itu, guna menghemat baterai, ada baiknya selalu perhatikan aplikasi apa saja yang berjalan di background.

Coba cek penggunaan baterai dengan masuk menu Settings – Battery, dan cari Battery Usage. Lihat aplikasi apa yang mengkonsumsi baterai paling banyak, dan silakan uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati Install Aplikasi

Untuk menghemat baterai Ponsel atau smartphone lainnya, memperhatikan aplikasi yang terinstall. Baca dengan seksama akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi di smartphone. Beberapa aplikasi akan membuat baterai smartphone cepat habis karena terus – menerus melakukan PING lokasi Android. Jadi, ada baiknya kurangi penginstalan aplikasi yang membutuhkan akses lokasi.

3. Disable Aplikasi Bawaan

Untuk menghemat baterai, coba disable bloatware dengan cara masuk Settings – Apps, lalu tap aplikasinya dan pilih Disable. Jika kebetulan Samsung Galaxy sudah root, hapus bloatware-nya.

4. Power Saving Mode

Jika kebetulan smartphone sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, maka cara menghemat baterai bisa dilakukan dengan mudah, yakni masuk ke fitur Power Saving Mode.

Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan akses ke Settings – Battery, lalu aktifkan Battery Saver.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Cara menghemat baterai ponsel adalah dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper. Meski memang akan membuat tampilan smartphone lebih hidup dan menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai.

Sebaiknya, gunakan wallpaper statis yang menggambarkan kepribadian kamu saja. Itu cara sederhana namun jitu untuk mengurangi penggunaan baterai, sehingga dapat lebih menghemat baterai smartphone untuk menemani perjalanan mudik kamu - PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : www.suara.com