Kontak Perkasa Futures – Meraup Untung Dari Bisnis Ikan Hias

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Budidaya ikan hias sebenarnya tergolong usaha baru, tapi dapat menyaingi bisnis ikan jenis lainnya.

Perkembangan bisnis ikan hias di Indonesia cukup pesat dan memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan. Saat ini, umumnya pelaku usaha ikan hias dapat meraup penghasilan rata – rata Rp 50 juta per tahun.

“Pendapatan yang diperoleh ikan hias ini berhasil menempati urutan pertama yaitu sebanyak Rp50,85 juta per tahunnya.

Sedangkan untuk urutan kedua dan ketiga ditempati budidaya ikan di perairan umum sebanyak Rp34,8 juta per tahun dan budidaya ikan di tambak atau air payau sebanyak Rp 31,31 juta per tahunnya,” kata Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja  seperti dikutif dari laman infopublik.go.id.

Soal jenis ikan hias yang berpeluang bagus, Sjarief menyebut, “Yang paling banyak di ekspor itu ikan arwana yang berasal dari daerah Kalimantan Barat dan Sumatera bagian timur.

Kalau ikan koi dan ikan cupang dari Bogor, Jawa Barat, DKI Jakarta, Tangerang. Terus ikan mas koki juga banyak di daerah Blitar, Jawa Timur.”

Seperti yang dilakukan usaha budidaya ikan hias skala rumah tangga, mereka tidak membutuhkan lahan yang luas, arealnya bisa kecil tetapi jumlah rumah tangga tidak terlalu banyak, namun pendapatannya paling tinggi yaitu Rp 50 juta per tahun.

Secara bisnis, ikan hias menguntungkan dan paling efisien. Menurut data KKP, jumlah rumah tangga yang membudidayakan ikan hias di Indonesia baru mencapai 2.027 orang atau 0,01 persen dari pelaku perikanan di Indonesia.

Sementara itu, dari pendapatan rata – rata mencapai Rp 50 juta per tahun. Jumlah pendapatan bisnis ikan hias skala rumahan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sektor perikanan lain seperti perikanan tangkap.

Dalam catatan KKP, Indonesia setidaknya memiliki 240 jenis ikan hias laut dan 226 jenis ikan hias air tawar yang tergolong ikan hias.

Dari banyaknya spesies ikan hias, beberapa dianggap langka yang tidak terdapat di negara lain misalnya Arowana, Botia, Balashark, dan Rainbow Irian – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : dnaberita